Jumat, 23 November 2007

Nabi Sulaiman Masa Kini?

Salah satu kenalan yang saya kagumi, dan saya anggap menyerupai (atau meneladani?) nabi Sulaiman adalah Bp. Wahyudi, tetangga kami di Sby. Dia salah satu dari sekian banyak orang yang menginspirasi saya, karena kesederhanaan, kedermawanan dan ketawakalanya.

Sebagai seorang dosen ITS, beliau berpendidikan tinggi, masih muda (waktu kami bertemu, beliau masih berumur awal 30-an lah..mungkin 32 tahun), ekonominya sangat mapan (beliau mempunyai beberapa macam usaha), good loking pula! Namun beliau sangat sederhana, baik penampilan maupun prinsip hidupnya.. semua mengacu pada sunnah rosululloh. Beliau juga seorang imam sholat di masjid, yang bacaan Qur'annya sangat bagus.. baik irama maupun lafadz-nya. Beliau adalah seorang qori'ah yang selalu belajar menghafal al Qur'an dengan cara selalu menyetel al Qur'an di tape mobilnya. Hari gini? Jarang sekali orang seperti ini, bukan? Yang banyak juga ndengerin radio atau lagu2 (termasuk saya...hehe... Nah, gara-gara melihat beliau lah saya mulai ikut2an (baru niat sih..)

Beliau juga dikenal sebagai seorang dermawan di sekitar tempat tinggalnya. Setiap kali ada pembangunan masjid, sumbangan ini-itu, beliau adalah orang pertama yang 'maju' sebagai penyumbang. Bahkan, setiap bulan ramadhan tiba, beliau selalu memberi makan (buka dan sahur) bagi jamaah di sekitar masjid.. yang jumlahnya bisa mencapai 200-an jiwa. Beliau memang ikut menggerakkan mereka yang mampu untuk ikut menyumbang.. namun beliau lah yang selalu menjadi 'sponsor' utama... Sehingga, dengan program ini, masjid di situ menjadi selalu ramai, banyak orang jadi betah beribadah di masjid. Mereka yang sedang iktikaf untuk meraih keutamaan lailatul qodar pun tak lagi khawatir memikirkan makanan, sebab sudah tersedia. Subhanalloh.. sungguh mulia sekali. Bayangkan betapa banyak pahalanya: memberi makan orang yang berbuka puasa itu khan sama dengan berpuasa? Jadi, berapa banyak 'pahala puasa' yang telah beliau kumpulkan???

Meskipun sangat dermawan, namun beliau selalu hidup sederhana. Beliau hanya memiliki mobil-mobil standar semacam innova, panther dll. Padahal, saya yakin, beli mercy atau jaguar pun, belia mampu. Namun ya begitulah... Anak-anaknya (beliau berputra 7) semua berangkat sekolah memakai sepeda! BUkan motor, apalagi mobil.. tapi sepeda genjot! Termasuk putri sulungnya yang kala itu sudah ABG, sudah SMP. Beliau juga tak pernah (jarang) sekali makan-makan di restoran mewah..menginap di hotel mewah..atau membeli barang mewah lain; termasuk AC! Padahal, Surabaya panaaas... sekali. Beliau baru membeli AC ketika salah seorang anaknya yang masih bayi selalu rewel kepanasan. Itu pun cuma 1 AC. Berpakaian, berpenampilan, dan bergaya hidup sederhana.. itulah antara lain hal yang saya kagumi.

Meskipun begitu, untuk urusan beribadah, beliau tak pernah sayang akan harta. Hampir tiap tahun beliau naik haji, dan atau membantu membiayai orang lain untuk berangkat haji dan umroh. Banyak karyawan, kenalan, teman dan saudaranya yang telah berangkat ke Baitulloh atas prakarsa beliau. Tahun ini saja, beliau mengajak 30 orang di jamaah masjid di sekitarnya untuk berangkat umroh di bulan ramadhan. Masyaallah.. saya sungguh 'iri' dengan amalan ini!

Bp. Wahyudi adalah 'a living saint' buat saya, dan selalu saya buat contoh untuk anak-anak saya..: lihat tuh pak Yudi, udah kaya, pintar, berpangkat, cakep, tapi tetap taqwa, tetap andap asor di hadapan Alloh.. sungguh orang beruntung di dunia dan akhirat! Begitulah saya menyemangati anak-anak. Saya sangat merasa beruntung pernah mengenal beliau. dan dari beliau pula lah saya belajar menjadi orang yang lebih cinta pada al Qur'an, lebih cinta sodaqoh, lebih rendah hati, lebih suka menolong orang.. Yes, he is trully my inspiration!

Tidak ada komentar: